Download Aplikasi SantriLampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post:

Siapa Aku dan dari mana asalku



Untuk tahu Siapa Aku? Dari mana Asalku? Mari bersama-sama kita simak khasanah berikut ini. Untuk apa? Untuk supaya kita sadar akan diri kita (mengenal).



Kalimat (وَمِنْ آيَاتِهِ) Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya,diulang sebanyak 11 kali dalam Al-Qur’an. Dan 7 bagian darinya terdapat dalam Surat Ar-Rum.Kali ini kita akan memulai mengupas ayat-ayat yang membicarakan tentang tanda-tanda Kekuasaan Allah swt. Dan ayat pertama yang akan kita kaji adalah,



وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَكُم مِّن تُرَابٍ ثُمَّ إِذَا أَنتُم بَشَرٌتَنتَشِرُون



“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia Menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.”(QS.ar-Rum:20)


Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :


1. Jalan terbaik untuk mengenal Allah adalahdengan berpikir tentang ciptaan-Nya. “Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-Nya.”


2. Tanda-tanda yang menunjukkan Keberadaan Allah swt tak terhitung jumlahnya. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya.”


3. Manusia adalah ciptaan utama dari ciptaan Allah yang lain. Karena itulah tanda-tanda Kekuasaan Allah dimulai dengan penciptaan manusia. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia Menciptakan kamu dari tanah.”


4. Mengenal diri adalah langkah pertama untuk mengenal Allah swt. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia Menciptakan kamu dari tanah.”


5. Setiap manusia tercipta dari tanah, maka tak pantas jika ia ingin sombong dan banggadiri. “Dia Menciptakan kamu dari tanah.”


6. Sekilas kita melihat tanah itu tidak bergerak dan tidak hidup. Namun didalam diri manusia (yang tercipta dari tanah itu) disisipkan ruh yang membuatnya hidup. Dan fenomena ini adalah tanda keagungan Allah Yang Maha Kuasa. “Dia Menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.”



Ini adalah ayat yang menjadi dasar tentang pentingnya mengenal siapa diri kita dan dari mana asalnya. Penting untuk kita dalam rangka menyempurnakan tugas kita diciptakan hidup di dunia selain berkembang biak. 

Alumni Universitas Islam Negeri Lampung.
You may want to read this post:
You may want to read this post: